Salut untuk mantan TKI Malang

mudiyonodalamMalang – Banyak kisah menimpa Tenaga Kerja Indonesia (TKI) diperantauan saat mengadu nasib di negeri orang. Meski ada beberapa yang tertimpa masalah, ada pula sejumlah buruh migran menjadi sukses sekembali mereka dari luar negeri.Salah satu buruh migran yang sukses sekembali dari merantau di negeri orang adalah Mudiyono (36). Warga Dusun Barisan, Desa Arjowilangun, Kecamatan Kalipare, Kabupaten Malang ini bekerja di Korea selama dua tahun.

Kini hasil dia merantau bisa dimanfaatkan bapak satu anak ini untuk membuka usaha percetakkan serta grosir pulsa elektrik. Usaha yang dirintis sejak Tahun 2000 itu kini berkembang dan menjadi penopang kebutuhan hidup dirinya bersama keluarga.

Ditemui detiksurabaya.com di tempat usahanya, Jumat (24/6/2011) siang, alumni SMU Muhammadiyah Sumberpucung ini menceritakan, bahwa sulitnya lapangan pekerjaan membuat dirinya nekat memutuskan sebagai buruh migran melalui jasa pengerah tenaga kerja.

“Ada lowongan untuk ke Korea, di perusahaan kapal. Saya pun berangkat dengan biaya utang kepada kakak sebesar Rp 3,5 juta,” tuturnya seraya mengaku berangkat Tahun 1997.

Datangnya krisis di tanah air memberikan berkah terhadap dirinya yang kala itu menerima gaji sebesar 3.360 won atau setara dengan Rp 20 juta. “Saat itu moneter dolar naik, jadi gaji saya jadi besar,” ungkapnya.

Hingga akhirnya selama dua tahun dirinya bekerja di galangan kapal itu. Pascapulang dari tempat bekerja Mudiyono langsung menutup utang-utangnya serta merenovasi rumah milik kakak pertamanya yang kala itu memberikan utang untuk modal berangkat.

Sisa uang kemudian dia gunakan untuk membangun sebuah rumah bersama tempat usaha di depannya. Sesuai tujuan awal dirinya bekerja ke luar negeri untuk memperbaiki ekonomi.

“Setelah renovasi rumah kakak, saya bangun rumah ini dan membuat tempat usaha,” beber suami Ririn Dwi ini.

(bdh/ndr)

Check Also

Testimoni: Imam Choiri

Assalamu’alaikummm wr..wb. Nama Saya: Imam Choiri Tempat,tgl/lahir: Kediri, 11 Juni 1980 Jenis kelamin: Laki-laki Alamat: …

2 comments

  1. ALHAMDULILLAH

    Kisah Sukses Suami saya menjadi TKI – Ke Jepang di tahun 2015, berkat bantuan Bpk DRS HERMONO , M.A yang bekerja di BNP2TKI jakarta beliau selaku SEKERTARIS UTAMA di BNP2TKI no hp pribadi beliau 0823-4984-5673 bagi teman teman yang ingin berangkat menjadi TKI kontrak silah’kan hubungi bpk drs Hermono muda muda’han beliau masih bisa membantu masalah pemberangkatan. semoga sukses amin amin amin.

  2. Assalamu’alaikum warohmatullahi.wabarakatu…
    saya Ngatemi Amy dari Kota Bandar Lampung salam kenal buat semuanya.sahabat-sahabat saya Tki dan Tkw.
    cerita yang benar- benar terjadi Asli nyata,100%. bukan rekayasa,Demi Allah Swt.benar-benar.nyata. kami ingin berbagi cerita kepada anda semua bahwa saya yg dulunya cuma seorang,Tki di Singapore,jadi pembantu rumah tangga yg gajinya’tidak mencukupi keluarga dikampun jadi Tki itu sangat menderita dan disuatu hari saya duduk2 buka facebook dan tidak disengaja’saya melihat.komentar orang tentan.Aki Jaka.dan katanya bisa membantu orang untuk memberikan’nomor toto podi 4d yg di berikan oleh Aki Jaka betul dan Benar2 jackpot dan kebetulan juga saya sering pasang.nomor toto podi 4d di Singapore,akhirnya saya coba untuk menhubungi.Aki Jaka dan,Alhamdulillah,beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor toto podi 4D, diberikan Aki Jaka memang betul2 terbukti jackpot 100% sebanyak Rp 600 juta dan saya sangat bersyukur berkat bantuan’Aki Jaka kini saya bisa pulang ke INDONESIA untuk melunasi semua hutang2 saya dan buka usaha sendiri.mungkin’saya tidak bisa.membalas budi baik.Aki Jaka sekali lagi makasih Banyak,Aki dan bagi teman2 yg menjadi TKI atau TKW seperti saya,bila butuh bantuan Hub.AKI JAKA di No Tlpn 081297757378 insya ALLAH beliau akan membantu anda.ini benar benar kisah nyata dari saya Ngatemi Amy Tki.Singapore…Semoga barmanfa’at’kpd sahaat-sahabat yang membutuhkan Ingsa Allah,jangan ragu jangan takut sudah terbukti banyak.orang yang suksee.kalau mau bukti hubungi sekarang,
    kata teman2 saya Aki Jaka itu penipu tapi saya nggak peduli karena memang saya yakin 100% karena saya sudah membuka situs resmi Facebook Aki Jaka yaitu => https://www.facebook.com/Kesuksesan-Tki-Tkw-Di-Seluruh-Negara-810904805685670/ Kami Sekeluarga Mengucapkan Terimah Kasih…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *